< kembali

3 Jenis Bahan Mentah Untuk Bangunan Estetik

AWRM - 3 Jenis Bahan Mentah Untuk Bangunan Estetik

Tak hanya produk jadi, bahan mentah untuk bangunan juga kerap bisa di dapat dari lingkungan sekitar. Setidaknya dikombinasi dengan produk material lain, akan membuat bangunan lebih berkesan eksotik dan cantik untuk dilihat, juga ditempati.

Dalam penjelasannya, bahan mentah adalah material yang digunakan untuk produk utama. Jenis bahan ini biasanya tidak melalui proses pabrikasi untuk digunakan, atau bisa digunakan dari sumber aslinya seperti alam dan sebagainya.

Dalam aktivitas konstruksi, selain material produk yang telah jadi, bahan mentah juga sering digunakan untuk bangunan. Dengan fungsi yang hampir sama, setiap bahan tersebut digunakan untuk membangun beberapa struktur bangunan utama.

Seperti tembok, lantai, partisi, atap rumah, kuda-kuda, kusen dan sebagainya. Dalam aktivitas konstruksi dikenal beberapa jenis bahan mentah yang sering populer digunakan, berikut beberapa diantaranya : 

 

Bahan Mentah Kayu Untuk Bangunan

Sejak pertama memutuskan untuk membuat tempat tinggal, sejarah peradaban manusia sudah menggunakan Kayu sebagai struktur dasar penopang bangunan rumah tinggal mereka. Di alam, kayu tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk dan jenis yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Hingga kini, penggunaan bahan material kayu masih digunakan untuk aktivitas konstruksi dan mendirikan bangunan. Hingga kini, ada beberapa jenis dan tipe kayu yang biasa digunakan untuk kebutuhan membangun struktur bangunan.

 

Kayu Jati. Seperti namanya, jenis kayu ini diambil dari pohon Jati, dan terkenal akan kekuatannya yang sangat bagus. Karena jenis kayu ini memiliki struktur sangat keras, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu Panjang, dengan kelebihan tidak dimakan rayap. 

Selain sering digunakan untuk produk furniture, Kayu jati juga sering digunakan sebagai penopang utama bangunan rumah, seperti kuda-kuda atap, pondasi dan sebagainya. Jumlah yang terbatas dan kualitas paling di cari membuat kayu jenis ini memiliki harga jual paling mahal.

 

Glugu. Merupakan kayu yang di dapat dari pohon kelapa, yang di negara tropis seperti Indonesia, paling banyak dijumpai. Struktur kayu jenis ini memiliki kekuatan cukup bagus untuk pembangunan beberapa struktur bangunan.

Seperti pembangunan Bekisting Balok, kuda-kuda atap dan beberapa struktur bangunan lain dengan struktur lurus. Tekstur dan serat yang khas membuat jenis kayu ini sering dimanfaatkan untuk meningkatkan penampilan bangunan atau rumah.

 

Kayu Merbau. Salah satu jenis kayu eksotik khas negara tropis ini memiliki struktur yang khas. Yakni warna coklat kemerahan dengan kombinasi garis kuning pada teksturnya. Corak ideal untuk digunakan sebagai penambah kebutuhan estetika dalam sebuah bangunan.

Jenis bahan mentah untuk bangunan ini juga digunakan untuk struktur pondasi gedung atau rumah. Meski secara umum, aksen khas yang tak mudah dijumpai pada jenis kayu lain, membuat bahan ini sering menjadi hiasan, atau digunakan tanpa proses finishing lebih detil.

 

Kayu Ulin. Merupakan jenis kayu potensial yang sering digunakan sebagai bahan mentah untuk bangunan. Karakter kayu ini sangat kuat, dan sangat baik terhadap air, bahkan air laut. Sehingga sangat ideal untuk bangunan seperti rumah hingga gedung.

Sayangnya, jenis kayu ini saat ini sangat Langkah. Di alam, pohon penghasil kayu ini bisa tumbuh hingga 50 meter, dengan diameter mencapai 120 cm. Kayu jenis ini biasanya memiliki karakter warna gelap, dengan serat yang khas.

 

Kamper. Merupakan jenis kayu eksotis yang lagi-lagi hanya dijumpai di kawasan hujan tropis seperti beberapa daerah di Indonesia. Kalimantan, merupakan pulau penghasil jenis kayu ini, meski di beberapa daerah lain juga kerap dijumpai pohon penghasil jenis kayu ini.

Jenis kayu ini memiliki serat dan tekstur yang khas. Sehingga sering digunakan untuk kebutuhan estetika. Meski demikian, kayu ini juga kerap digunakan sebagai bahan mentah untuk bangunan, seperti membangun kuda-kuda atap, pondasi dan lain sebagainya.

Indonesia sebagai negara tropis sepertinya tak pernah habis dalam suplai bahan baku kayu eksotis. Selain beberapa jenis kayu di atas, ada juga jenis Bengkirai, Geram, Meranti, Akasia dan jenis kayu lain yang sering digunakan sebagai material bangunan.

Selain bahan utama kayu, serbuk hasil potong dan pembentukan kayu juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan aktivitas konstruksi.

 

Bambu Untuk Konstruksi Bangunan

Seperti kayu, bambu merupakan bahan mentah untuk bangunan populer yang sering digunakan. Hasil alam yang satu ini memiliki struktur kuat, lentur dan tahan terhadap air, sehingga ideal dalam mebangun salah satu atau beberapa struktur bangunan. 

Selain kekuatannya, serat dan ketahanan bambu terhadap air juga kerap membuat bahan ini digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya membangun rangka atap yang aman, kuat dan lentur, tahan terhadap angin kencang dan sejenisnya.

Serat yang khas juga membuat bambu sering digunakan sebagai ornamen dekoratif. Seperti hiasan dinding, ornamen dinding rumah tradisional dan sebagainya. Semua bisa dipenuhi dengan penggunaan jenis bambu yang tepat.

Di Indonesia, ada beberapa jenis bambu yang paling sering digunakan karena karakter, struktur dan warnanya yang khas. Salah satunya Pentung, jenis bambu ini biasanya memiliki diameter 20 cm dengan Panjang hingga 25 meter. Jenis bambu ini biasa digunakan untuk penyangga atau usuk pada bangunan.

Dalam hal estetik, ada juga jenis bambu wulung, yang memiliki warna hitam. Warnanya yang khas membuat jenis bambu ini sering dimanfaatkan untuk kebutuhan dekoratif. Jenis bambu lain diantaranya Apus, Andong dan Ater yang memiliki kelebihan masing-masing untuk struktur bangunan.

Kelebihan penggunaan bambu diantarnya harganya yang lebih murah, karakternya yang eksotis, dan memiliki karakter kuat untuk struktur bangunan. Selain itu, dalam prosesnya bambu mudah dibelah dan dibentuk untuk berbagai kebutuhan.

Kelemahan material ini adalah, beberapa jenis bambu tidak tahan terhadap air, dan tentu saja api. Sehingga tanpa perawatan lebih lanjut, struktur akan mudah rusak karena jamur, rayap dan lumut. Kekurangan yang lain adalah, material yang agak sulit dikombinasi dengan material produk bahan bangunan yang lain.

 

Tanah Liat 

Selain bahan kapur yang diolah menjadi semen, material pengikat tradisional lain yang sering digunakan untuk membangun struktur bangunan adalah tanah liat. Bahan ini secara tradisional popular digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya membangun rumah dan konsep hunian lainnya.

Dalam penerapannya, bahan mentah untuk bangunan yang satu ini memiliki beberapa sifat yang membuatnya ideal untuk bahan material konstruksi. Diantaranya sifat pengikatnya yang dapat menyatukan beberapa material lain dalam waktu lama.

Tanah liat baru biasanya akan bersifat lengket, dan mudah di bentuk. Hal ini yang membuat tanah liat mudah popular digunakan untuk berbagai kebutuhan. Selain untuk membangun rumah, bahan ini juga kerap digunakan untuk material bahan baku perkakas rumah tangga.

Saat kering tanah liat akan memiliki struktur material yang sangat padat. Sehingga tidak mudah menyerap air. Selain tidak mudah berubah bentuk, sifat ini membuat bahan menjadi keras, dan membuat bentuk bangunan tetap pada tempatnya dalam waktu lama.

Selain itu, dibutuhkan pemilihan material tanah liat khusus untuk aktivitas konstruksi. Bahan yang bagus juga membuat struktur bangunan tanah liat tahan terhadap sinar matahari, atau bahan tak mudah retak-retak dalam waktu lama.

Dalam penggunaannya, ada beberapa jenis tanah liat yang sering digunakan pada aktivitas konstruksi. Diantaranya jenis Earthenware, adalah tanah liat yang juga sering digunakan untuk perkakas. Tanah liat terbaik ini juga kerap dijadikan genting, atau atap.

Jenis tanah liat lain adalah Kaolin Clays. Melalui pengolahan dan pemanasan, bahan tanah liat ini sering digunakan sebagai material porselen. Selain itu ada jenis Stoneware Clays, Ball Clays dan Fire Clays, yang fungsinya dapat digunakan sebagai pelindung pintu. 

 

Penggunaan bahan mentah untuk bangunan memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun dengan pengerjaan yang tepat oleh perusahaan konstruksi professional, cara ini dapat meningkatkan penampilan bangunan atau rumah Anda sehingga sedap dilihat dan dinikmati dari luar.


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari 1 dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.