< kembali

Wajah Baru Asrama Haji Bangka Belitung

asrama haji bangka belitung awrm

Ibadah haji adalah salah satu rukun yang banyak diimpikan oleh umat Islam, tidak terkecuali bagi masyarakat muslim yang ada di Bangka Belitung. Demi mendukung kelancaran ibadah haji ini, pemerintah setempat pun mempunyai inisiatif untuk membangun Asrama Haji Bangka Belitung

Proses pembangunan sudah dimulai sejak 2017 yang lalu, namun pada awalnya pembangunan Asrama Haji Bangka Belitung ini tidak langsung dipegang oleh PT Anggaza Widya Ridhamulia (AWRM). Pembangunan sempat terhambat karena adanya kendala antara konstruktor pelaksana pada saat itu dengan pekerja pelaksana di lapangan. Meskipun demikian, dengan berbagai kendala yang muncul pada akhirnya pembangunan berhasil diselesaikan pada Maret 2018.

Pemprov Inginkan Perubahan Status 

Asrama haji yang selesai dibangun pada tahun 2018 lalu masih berstatus sebagai asrama haji transit. Artinya, keberangkatan calon jamaah tidak bisa dilakukan di sana dan harus melalui Asrama Haji Embarkasi Palembang. Sementara, untuk perubahan status menjadi Asrama Haji Antara, pemerintah provinsi perlu meningkatkan kapasitas tampung asrama haji yang saat ini hanya sanggup menampung 304 calon jamaah haji menjadi berkapasitas 450 orang atau setara dengan kapasitas 1 kloter keberangkatan.

Komitmen pemerintah provinsi untuk melakukan perubahan status kemudian diwujudkan dengan melakukan pembangunan lagi terhadap Asrama Haji Bangka Belitung untuk memenuhi persyaratan sekaligus melengkapi fasilitasnya. Pada pembangunan kali ini, PT Anggaza Widya Ridhamulia (AWRM) terpilih sebagai kontraktor pelaksananya dan mulai bekerja sejak Juni 2019 yang lalu. Lingkup pekerjaan yang dikerjakan oleh AWRM meliputi pembersihan lahan, pekerjaan struktur, arsitektur, jalan lingkungan hingga instalasi MEP (Mechanical, Electrical & Plumbing).

Pembangunan ini sendiri akhirnya berhasil diselesaikan pada bulan Desember tahun yang sama dan mendapatkan apresiasi tidak hanya dari Pemerintah Provinsi, namun juga dari Menteri Agama, Bapak Jendral TNI (Purn.) H. Fachrul Rozi saat meresmikan gedung pada Februari lalu. Kemudian pada bulan Mei 2020 yang lalu, Kementerian Agama Republik Indonesia mengeluarkan surat keputusan yang menyatakan bahwa Asrama Haji Bangka Belitung resmi berubah status dari ‘Transit’ menjadi ‘Asrama Haji Antara’.

 


Lihat pembangunan lainnya dengan mengunjungi halaman Proyek.  Untuk informasi lebih lanjut terkait kerjasama dengan PT Anggaza Widya Ridhamulia (AWRM) bisa mengunjungi halaman Hubungi Kami.