< kembali

Jenis-Jenis Konstruksi di Industri Infrastruktur Indonesia

jenis konstruksi industri infrastruktur indonesia

Perkembangan infrastruktur yang ada di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun.  Dengan semangat Indonesia untuk menjadi negara maju, sejumlah inovasi pun dilakukan untuk meningkatkan sektor infrastruktur. Jenis-jenis konstruksi di industri infrastruktur pun mulai bermunculan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang setiap tahunnya.

Pengertian Konstruksi

Dalam konteks sebuah proyek, konstruksi dapat diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membangun suatu sarana atau prasarana, seperti bangunan, jalan raya, jembatan, dan lain sebagainya.

Sebuah proyek konstruksi memerlukan berbagai sumber daya yang perlu dikelola dengan baik seperti manusia (SDM), material bangunan, peralatan, rancangan metode pelaksanaan, dana, dan waktu. Pertimbangan yang matang diperlukan agar proyek konstruksi dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Jenis-Jenis Konstruksi

Konstruksi adalah istilah yang umum digunakan untuk berbagai jenis pembangunan sarana dan prasarana. Namun, secara garis besar konstruksi terbagi menjadi 3 jenis, antara lain:

1. Konstruksi Gedung

Jenis konstruksi gedung biasanya melibatkan arsitek maupun insinyur sipil dan menekankan pada aspek arsitektural. Gedung yang dibangun beragam mulai dari gedung untuk kepentingan bisnis, kesehatan, pemerintahan, rekreasi dan lain sebagainya.

2. Konstruksi Jalan

Jenis konstruksi jalan umumnya dilakukan atas permintaan departemen pekerjaan umum atau proyek pemerintah. Proses pengerjaannya meliputi pengukuran, penggalian, dan pengerasan jalan. Jenis konstruksi ini juga mencakup hal-hal lain yang mendukung infrastruktur suatu jalan seperti konstruksi jembatan dan struktur drainase.

3. Konstruksi Bangunan Air

Proyek yang termasuk dalam jenis konstruksi ini antara lain proyek besar negara yang dipakai untuk kepentingan bersama seperti waduk, bendungan, pemasangan pipa, dan lain sebagainya. Meskipun secara umum  konstruksi ini mendapatkan pendanaan dari pemerintah, namun tak jarang juga proyek semacam ini dibiayai oleh pihak swasta. 

 

Jasa Konstruksi PT Anggaza Widya Ridhamulia (AWRM)

PT Anggaza Widya Ridhamulia (AWRM) adalah perusahaan konstruksi yang telah berdiri sejak tahun 2007. Selama bertahun-tahun AWRM telah dipercaya menjalankan berbagai proyek pemerintah, swasta, maupun perorangan. Banyaknya proyek yang telah diselesaikan, membuat AWRM menjadi salah satu kontraktor yang dapat dipercaya, profesional, dan berpengalaman di Indonesia.

 

Jenis Jasa Konstruksi PT AWRM Sesuai Sertifikasi

PT Anggaza Widya Ridhamulia (AWRM) menyediakan ketiga jenis konstruksi di atas. Jasa konstruksi yang diberikan terbagi dalam 3 kategori, yaitu:

Konstruksi Bangunan Gedung, meliputi:

    • Pembangunan gedung komersial, pendidikan, kesehatan, dan gedung lainnya.

 

Konstruksi Bangunan Sipil, meliputi:

    • Konstruksi saluran air, pelabuhan, DAM, dan konstruksi sarana air lainnya.
    • Konstruksi jalan raya (kecuali jalan layang), seperti jalan raya, rel kereta api, dan landas pacu bandara.

 

Instalasi Mekanikal dan Elektrikal, meliputi konstruksi pemasangan:

    • Pendingin udara (Air Conditioner / AC), pemanas, dan ventilasi
    • Pipa air (plumbing) dalam bangunan dan salurannya
    • Pipa gas dalam bangunan
    • Lift dan tangga berjalan (escalator)
    • Tenaga listrik gedung dan pabrik

 

Fokus Kerja PT Anggaza Widya Ridhamulia (AWRM)

Dalam rangka mencapai visi untuk menjadi penyedia jasa konstruksi terbaik di Indonesia, AWRM menyediakan berbagai layanan yang dapat memenuhi semua kebutuhan klien dalam sebuah proyek konstruksi. Fokus kerja  AWRM meliputi:

Konstruksi dan Sipil

Pembuatan layout desain, perencanaan bentuk dan bangunan, penyediaan bahan, pengerjaan, fabrikasi, dan sebagainya.

Building Maintenance

Melakukan renovasi bangunan, menyediakan tenaga kerja tukang dengan sistem kerja borongan maupun harian, hingga pengadaan material khusus sesuai kebutuhan klien seperti cat, besi, alumunium dan stainless steel.

Mechanical & Industry

Pengerjaan segala kebutuhan mekanikal dan elektrikal untuk keperluan industri seperti pemasangan instalasi listrik, penarikan kabel, panel listrik, grounding panel listrik, penangkal petir, terminasi panel & mesin, test commissioning, dan sebagainya.

 


Lihat berbagai proyek yang sudah dikerjakan oleh PT Anggaza Widya Ridhamulia dengan mengunjungi halaman Proyek. Kami siap menjadi perusahaan konstruksi yang akan mewujudkan desain impian Anda menjadi nyata, hubungi kami di 031-8283020 / 031-82511394 atau kontak melalui email di info@awrm.co.id.