< kembali

Kelebihan Penggunaan Konstruksi Baja Ringan

konstruksi baja ringan

Konstruksi baja ringan membawa perubahan pada proses pembangunan rumah atau bangunan lain. Karena seperti namanya, bobot ringan memberi peluang bangunan dapat berkembang tanpa terlalu banyak terbebani dari bagian atas rumah.

Dalam industri perekonstruksian, material bahan baku merupakan elemen penting terciptanya sebuah konsep hunian atau Gedung yang aman, nyaman dan berdiri kokoh hingga puluhan tahun. Selain penggunaan jenis material berkualitas, sentuhan teknologi industri material memberi kita banyak keuntungan.

Beberapa produk didesain sesuai kebutuhan, dengan mengurangi beberapa kendala yang kerap muncul. Seperti penggunaan material baja yang memiliki bobot sangat besar, namun dapat diandalkan karena durabilitasnya.

Nah dalam perkembangannya, olahan baja dibuat dengan bobot lebih ringan, sehingga sekarang kita mengenal produk konstruksi baja ringan. Untuk proses pembangunan rumah atau bangunan, berikut beberapa hal yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan material jenis ini.

 

Kuat, namun memiliki bobot ringan

Seperti namanya, perpaduan konstruksi baja ringan memberi Anda manfaat konstruksi yang kuat sebagaimana menggunakan Baja, namun tetap memiliki bobot ringan. Sehingga mudah dalam hal mobilisasi dan instalasi rangka atap pada bangunan rumah dan sebagainya.

Beban yang ringan juga mampu membuat beban titik mati lebih efisien, sehingga tidak terlalu membebani konstruksi secara keseluruhan. Hal tersebut membuat rumah berdiri kokoh, dengan beban sangat efisien.

Selain itu, produk baja membuat material ini memiliki tarikan yang kuat. Sehingga mampu menopang beban diatas (atap rumah) dengan tepat, dan dalam jangka waktu sangat lama, sangat ideal untuk bangunan dengan atap terbentang lebar.

 

Modern, Beda dengan Produk Konvensional

Konstruksi Baja Ringan, merupakan evolusi penggunaan bahan baja konvensional sebagai rangka atap dan pondasi pada bangunan rumah dan sejenisnya. Hanya saja, efisiensi desain membuat produk lebih berbobot sangat ringan.

Setelah Sebagian tersebut diatas, kelebihan produk ini karena memiliki bobot ringan adalah sifatnya yang masih seperti baja konvensional. Diproduksi secara fabrikasi, penggunaan material ini mempermudah proses transportasi, bahkan saat digunakan minim menggunakan kendaraan alat berat.

Efisiensi produk modern ini dalam hal bobot juga memperkecil bangunan dengan rangka baja mudah roboh. Gempa bumi dan bencana alam lain membuat hal tersebut sangat mungkin terjadi, dan membuat fungsi nyaman pada rumah menjadi hilang.

Konstruksi baja ringan modern bahkan memiliki kelebihan terhadap bahan baku lain, seperti kayu. Selain tak mudah rusak, produk baja ringan juga memiliki toleransi pada beban kejut yang kerap terjadi. 

 

Tetap Presisi dalam jangka waktu lama

Produk konstruksi baja sering digunakan karena tingkat akurasi dan presisi rangkaian yang tak mudah berubah bentuk dalam jangka waktu lama. Hal tersebut juga kerap terjadi pada produk modern, baja ringan.

Pergeseran sambungan rangka atap kerap membuat rumah menjadi sangat berbahaya untuk ditempati. Karena hal ini jika terjadi akan membuat rumah mudah roboh karena penyangga atap yang tidak kokoh.

Tak hanya membuat produk mudah di pasang, proses fabrikasi membuat bagian sambungan menyatu dengan sempurna. Bahan yang tak mudah rusak dan hancur, akan membuat setiap rangkaian tetap pada posisinya dalam jangka waktu bertahun-tahun.

 

Anti Keropos

Masalah keropos sering terjadi pada penggunaan bahan kayu untuk kebutuhan rangka atap. Penggunaan material bahan baku besi juga kerap memunculkan permasalahan karat yang mudah mengurangi usia pakai sebuah rumah atau bangunan.

Nah selain tak mudah berkarat, atau keropos bahan baku konstruksi baja ringan juga sangat mudah untuk dibersihkan. Sehingga dalam penggunaanya, bagian rangka atap dapat berguna dalam jangka waktu sangat Panjang.

Selain kayu yang mudah keropos, produk rangka bangunan yang buruk juga kerap mengalami permasalahan yang sama, Membuat usia pakai menjadi lebih singkat. Konstruksi baja ringan dapat mengatasi permasalahan tersebut, di samping sisa bahan dapat digunakan Kembali atau di daur ulang.

 

Hemat Biaya dan Waktu

Setelah serangkaian kelebihan disebut diatas, maka bisa ditarik kesimpulan produk konstruksi baja ringan memiliki keunggulan dibanding produk lain. Diantaranya bobot yang ringan namun dengan kekuatan konsisten tanpa gangguan binatang atau faktor lain yang dapat mengurangi usia pemakaian.

Bobot yang ringan membuat proses instalasi dapat berjalan dengan lancar. Bahkan dengan atau tanpa menggunakan bantuan alat berat, proses pemasangan konstruksi baja ringan dapat dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat biaya kiriman karena bobot yang ringan membuat proses kiriman dapat ditekan dengan harga sangat ekonomis. Dalam hal waktu, ringannya produk dapat mempercepat proses instalasi.

 

Menelisik Sejarah Penggunaan Baja untuk Konstruksi Rumah

Pengolahan biji besi untuk kebutuhan sehari-hari sudah dilakukan oleh masyarakat sejak tahun sejak 1.500 tahun sebelum masehi. Proses ini membantu pekerjaan setiap hari dengan munculnya peralatan seperti tombak untuk memburu, pisau dan sebagainya.

Pada akhirnya, trend penggunaan biji besi untuk keperluan sehari-hari berkembang dan digunakan banyak bangsa di seluruh dunia. Seperti Yunani kuno, Romawi, mesir. Bahasa Asyira dan Carthaginians.

Dibanding batu, material besi lebih mudah dibentuk dan ideal untuk berbagai peralatan yang dibutuhkan. Hingga pada akhirnya penggunaan material besi popular di India dan mulai dikenal masyarakat Inggris.

Proses olahan bahan logam yang dibentuk mulai dilakukan di Inggris pada tahun 1777. Dua tahun setelahnya, pada tahun 1779 mulai dibangun beberapa fasilitas umum seperti jembatan dan bangunan dengan konstruksi besi baja.

Baja atau olahan besi tuang (Logam dipanaskan akan meleleh, sehingga mudah dibentuk) pada akhirnya mengawali era perindustrian. Dimana semua peralatan dan perlengkapan menggunakan baja ini sebagai material bahan baku.

Termasuk penggunaan pondasi rumah atau bangunan, bahan baja dianggap sangat ideal dalam hal kekuatan dan mudah didapat. Hingga pada akhirnya produk olahan besi tuang atau baja berkembang sedemikian rupa, dan kini kita kenal konstruksi baja ringan untuk kebutuhan perlengkapan dan membangun rumah atau bangunan.

Berbeda dengan hasil olahan baja konvensional, kekuatan dan bobot ringan baja ringan bersifat mengikat, bukan menahan. Oleh karena itu, penggunaan bahan ini biasanya difungsikan pada kuda-kuda atau konstruksi atap untuk rumah dan bangunan.

 


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari 1 dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.