< kembali

Kontraktor Bangunan – 10 Material Penting yang Perlu Dipertimbangkan

kontraktor bangunan material untuk dipertimbangkan

Dalam melakukan pekerjaanya, kontraktor bangunan selalu memperhatikan beberapa material yang sering digunakan dalam membangun pekerjaan membangun rumah atau gedung. Penggunaan material tertentu biasanya sangat dibutuhkan untuk mewujudkan konsep yang diinginkan.

Membangun sebuah rumah biasa dilakukan dengan memenuhi komposisi material bahan baku utama dan yang dibutuhkan. Nah, berikut beberapa material yang sering digunakan Kontraktor Bangunan dalam melakukan pekerjaannya: 

Keramik untuk desain interior. Keramik merupakan olahan dari material tanah liat yang didapat melalui proses pembakaran dan sebagainya yang komplek. Secara penampilan, Kontraktor bangunan kerap menambah ornamen keramik kerap membuat interior dan eksterior rumah tampak mewah.

Produk keramik sendiri ditawarkan dalam beragam bentuk, mulai dari ukuran kecil, sedang hingga besar. Fungsinya, lebih membuat rumah menjadi sangat cantik, meski bukan elemen penting yang ada dalam sebuah rumah atau bangunan.

Keramik kerap dimanfaatkan untuk membangun lantai, dinding dan sebagainya. Dibutuhkan pengalaman dan trik khusus untuk mewujudkan rumah berestetika dengan keramik, dan biasanya dapat dipenuhi dengan mudah oleh kontraktor bangunan profesional dan berpengalaman.

 

Papan Kayu atau Triplek. Keberadaan kayu sebagai elemen dasar membangun rumah atau bangunan beragam. Salah satunya jenis papan kayu atau triplek. Keberadaan material ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Misal untuk membantu meningkatkan estetika bagian interior dalam rumah, bahkan hingga eksterior. Keberadaan triplek atau papan kayu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat disesuaikan dengan tebal tipis produk.

Penggunaan triplek dengan karakter tertentu juga dapat digunakan untuk membangun elemen lantai. Dalam membangun fungsi ini, papan kayu sering digunakan sebagai finishing, atau bagian paling atas lantai, sehingga tampak lebih berkelas dengan gaya Eropa atau Amerika.

 

Genteng. Tak sulit memenuhi kebutuhan bagian atap rumah, karena saat ini beragam produk genteng tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran bahkan warna. Selain melindungi dari terik matahari, hujan dan dingin malang, pemilihan genteng yang sempurna membuat rumah menjadi Good looking.

Produk genteng konvensional dijual dari material tanah liat. Dalam perkembangannya produk mengalami pengembangan, sehingga sekarang kita kenal produk dari material asbes, seng dan sebagainya untuk kebutuhan atap rumah.

Selain beberapa material di atas, atap rumah juga sering dikombinasi dengan bahan natural seperti kayu, bambu dan dedaunan. Keberadaan element alami ini membuat rumah tampak vintage, dan mengingatkan kita pada bangunan yang ada di desa tempo dulu.

 

Plumbing. Atau produk perpipaan dibutuhkan untuk saluran fluida atau air, baik jenis saluran air bersih maupun kotor dan limbah buangan. Karena air dibutuhkan setiap hari untuk aktivitas sanitasi (bersih-bersih dan mandi), konsumsi dan lain sebagainya.

Tak hanya memungkinkan mendapat air kapanpun dan dimanapun saat di rumah, jalur perpipaan juga berfungsi untuk menyalurkan sisa air setelah aktivitas sanitasi. Seperti mandi atau mencuci peralatan makan.

Kebutuhan saluran air yang baik dan tepat dapat membuat lingkungan (rumah) menjadi sehat. Kebutuhan air bersih tanpa polusi dan pencemaran lingkungan yang dapat dihindari karena limbah dan sisa air kotor dibuang tepat pada tempatnya.

Produk plumbing tersedia dalam berbagai jenis, seperti produk pipa besi, dan thermoplastic (plastik). Dengan beragam jenis yang dapat disesuaikan kebutuhan, seperti saluran air bersih panas dan lain sebagainya.

Setiap produk perpipaan memiliki kelebihan dan spesifikasinya masing-masing. Jangan heran dalam satu jenis bangunan atau rumah, membutuhkan lebih dari satu atau dua jenis pipa. Tak hanya untuk kebutuhan plumbing, pipa juga kerap digunakan untuk kebutuhan lain.

 

Cat. Keberadaan cat membuat rumah menjadi segar, dengan konsep pewarnaan sesuai dengan selera. Penggunaan element ini juga dapat membangun konsep rumah dengan tema tertentu, seperti modern, vintage, atau tema lain yang dibangun dari berbagai campuran warna.

Cat sering digunakan kontraktor bangunan untuk element pewarnaan pada tembok, cat juga dapat digunakan pada bagian lain. Seperti atap rumah, kusen, pintu dan sebagainya. Selain itu cat juga dapat digunakan untuk interior lama yang terlihat kusam, menjadi tampak baru.

Saat ini ada beragam produk cat menawarkan komposisi ribuan bahkan jutaan warna yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan. Sehingga untuk memilih warna tertentu sesuai kebutuhan dan detail rasanya bukan perkara sulit.

 

Paku, mur dan baut. Jika campuran semen dan pasir berfungsi sebagai perekat, tak jauh berbeda dengan keberadaan paku, mur dan baut. Elemen ini juga membuat dua bagian menyatu satu dengan yang lain dalam waktu lama.

Keberadaan paku biasanya digunakan untuk menyatukan elemen kayu dengan kayu. Kayu sering digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk kuda-kuda atap, elemen interior, lantai dan sebagainya.

Sementara mur dan baut, juga dibutuhkan untuk kebutuhan yang sama. Hanya saja, penggunaannya lebih pada membangun elemen kayu, besi dan sebagainya dengan sistem dratting. Media ini biasanya digunakan untuk penyatuan elemen yang bersifat semi permanen atau permanen. Karena dapat dipasang dan dibuka sewaktu-waktu.

 

Kayu dan Bambu. Selain material buatan atau olahan pabrik, bahan baku alami seperti kayu dan bambu juga kerap digunakan untuk membangun sebuah rumah atau bangunan sesuai dengan konsep yang disesuaikan.

Sejak lama orang menggunakan kedua elemen ini untuk membangun konsep hunian sehari-hari. Keberadaan kedua elemen membuat bangunan rumah kokoh dan dapat melindungi dari cuaca terik, hujan dan sebagainya.

Keberadaan kayu dan bambu dapat berfungsi untuk berbagai kebutuhan. Seperti atap, kusen, lantai bahkan tembok. Elemen kayu dan bambu mampu meningkatkan estetika rumah, terutama dalam hal konsep natural.

 

Besi Beton. Besi beton sering digunakan untuk kebutuhan pondasi. Baik pondasi rumah, pondasi lantai dan pondasi bangunan lain yang berada di sekitar rumah. Penggunaan element ini biasanya digabung dengan material semen dan pasir.

Besi beton biasanya dirangkai sedemikian rupa, sehingga saat digunakan bagian ini berfungsi memastikan posisi element lain di rumah atau bangunan tidak bergeser. Sehingga berada pada tempatnya dalam kurun waktu lama.

Selain besi beton, material mineral lain yang kerap digunakan Kontraktor Bangunan untuk membangun rumah atau bangunan adalah baja ringan. Material ini biasanya digunakan untuk pondasi atap. Keberadaan material besi beton sengaja digunakan untuk berbagai kebutuhan. Selain mengurangi penggunaan kayu, bahan ini juga memiliki bobot ringan.

Bobot ringan pada Besi Beton membuat proses instalasi dan mobilisasi mudah, karena tanpa menggunakan kebutuhan alat berat. Selain itu bobot yang ringan juga membuat material dapat dipasang dengan mudah, sehingga lebih efisien waktu pemasangan.

 

Batu Bata. Batu bata sudah sejak lama digunakan sebagai elemen membangun rumah atau bangunan. Keberadaanya kerap digunakan menjadi bagian penting, seperti dinding dan pelengkap pondasi rumah.

Material konvensional batu bata dibuat dari olahan tanah liat yang diproses melalui metode pemanasan dalam jangka waktu tertentu. Selain membuat struktur bangunan dan rumah menjadi kokoh, batu bata tanah liat juga dapat meningkatkan estetika sebuah bangunan.

Sehingga pada saat proses pembangunan tembok, keberadaan batu bata sengaja ditampilkan tanpa proses finishing menggunakan semen dan cat. Perpaduan semen dan batu bata membuat tembok terkesan unik, tanpa meninggalkan kesan modern.

 

Pasir dan Semen. Merupakan elemen terpenting dalam proses pembangunan rumah atau bangunan. Secara sederhana, keberadaan semen digunakan sebagai bahan perekat, saat digunakan dengan bahan baku lain, seperti pasir dan sebagainya.

Keberadaan semen dibutuhkan untuk membuat batu Bata yang digunakan sebagai tembok, tetap pada tempatnya hingga beberapa puluh tahun kedepan. Tak hanya itu, semen dan pasir digunakan untuk merekatkan lantai keramik dan sebagainya.

Semen juga kerap dicampur dengan batu dan pasir dalam hal membangun pondasi beton. Penggunaan produk semen yang tepat, dengan komposisi campuran yang tepat akan membuat bagian kuat berdiri hingga puluhan tahun.

Selain itu, keberadaan semen juga kerap digunakan untuk membangun ornament tambahan, seperti patung, tangga, jalan setapak dan sebagainya. Keberadaan beberapa elemen tersebut muncul dengan kebutuhan estetika, atau mempercantik keberadan rumah atau bangunan.

 


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari 1 dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.