< kembali

Mengenal Konstruksi Bangunan & Bagian-Bagiannya

konstruksi bangunan dan bagiannya

Konstruksi bangunan memiliki bagian-bagian yang berperan penting dalam sebuah proyek pembangunan. Oleh karena itu, peninjauan secara berkala pada setiap bagian struktur bangunan perlu dilakukan untuk menjaga kualitas bangunan secara menyeluruh. Adapun parameter yang ditinjau yaitu material dan perhitungan volume yang dibutuhkan untuk membangun sebuah gedung.

Nantinya parameter tersebut akan digunakan untuk merancang bangunan dengan mempertimbangkan dampak pada lingkungan dan menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk membuat setiap struktur bangunan. 

Konstruksi bangunan sendiri terbagi menjadi 2 macam. Nah, masing-masing memiliki bagian-bagian yang tertentu yang membedakan satu sama lain. Simak penjelasannya di bawah ini:

Konstruksi Bangunan Bawah

Meski tak terlihat, konstruksi bangunan bawah memiliki peranan yang tidak kalah penting. Agar dapat menjalankan fungsinya sebagai penopang bangunan yang kuat, maka perencanaannya harus terperinci dan matang. Konstruksi bagian bawah ini meliputi:

  • Pondasi

Fungsi utama fondasi adalah untuk menopang seluruh beban bangunan. Jenis fondasi perlu disesuaikan dengan karakteristik lahan bangunan agar dapat menjadi fondasi yang kuat dan tepat. Beberapa jenis fondasi rumah yang umum digunakan di Indonesia antara lain fondasi tapak, fondasi pelat beton lajur, dan fondasi tikar.

  • Sloof

Struktur bangunan yang satu ini memiliki dua fungsi utama. Fungsi pertamanya adalah mendistribusikan beban dari bangunan bagian atas pada fondasi secara merata pada setiap titik fondasi. Dengan demikian, beban bangunan dapat disokong secara seimbang oleh semua bagian fondasi dan tidak menitikberatkan pada 1 bagian fondasi saja. Selain itu sloof juga berfungsi sebagai pengunci dinding dan kolom agar tidak roboh jika terjadi pergerakan tanah.

 

Konstruksi Bangunan Atas

Sebagai bagian yang terlihat oleh mata, desain konstruksi bangunan atas dirancang berdasarkan fungsi dan tujuannya. Misalnya rancangan yang cocok untuk gedung sekolah, kantor, mall, atau perumahan.

  • Kolom

Kolom adalah bagian konstruksi bangunan berupa batang vertikal yang menyokong beban dari bagian atas. Kolom berfungsi mendistribusikan berat beban bangunan beserta semua hal yang ada didalamnya dan menimpanya, seperti perabotan, manusia, hingga tekanan angin. Kolom menjadi perantara penyaluran beban dari bagian atas rumah ke fondasi.

  • Balok 

Balok lintel adalah bagian konstruksi bangunan yang dibangun di bagian atas struktur konstruksi jendela dan pintu. Balok lintel berfungsi menghalangi beban tembok agar tidak secara langsung menekan kusen. Dengan demikian, kusen akan menjadi lebih awet dan tidak melengkung. Balok lintel juga dapat membantu menahan kusen agar tetap berdiri ketika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi.

  • Rangka Atap

Struktur konstruksi bangunan satu ini berfungsi menjadi penahan struktur atap seperti reng, usuk, dan genteng agar tetap stabil. Rangka atap umumnya terbuat dari bahan kayu dan baja ringan.

  • Plat Lantai

Lantai yang tidak terletak di atas tanah langsung, melainkan lantai tingkat pembatas antara tingkat yang satu dengan tingkat yang lain. Plat lantai ini didukung oleh balok-balok yang bertumpu pada kolom bangunan.

 


Itu dia bagian-bagian yang terdapat dalam sebuah konstruksi bangunan. Meski ada yang tidak terlihat, namun setiap bagian turut berperan dalam terbentuknya suatu bangunan yang kokoh dan berfungsi sesuai tujuannya. Apabila Anda berencana untuk merenovasi gedung dan membutuhkan kontraktor umum yang profesional dan terpercaya, silahkan Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut terkait kerjasama.