< kembali

Rumah Minimalis – Kenali Tipe Produknya!

anggaza widya ridhamulia mengenali tipe produk rumah minimalis

Meski dibangun dengan luas terbatas, konsep rumah minimalis juga kerap memberi nuansa betah bagi penghuninya karena beberapa keuntungan di dalamnya. Berikut beberapa tipe hunian dengan lahan terbatas yang biasa ditawarkan dan bisa Anda pilih sebagai tempat tinggal.

 

Produk Rumah Minmalis Berdasarkan Nominal

Beberapa tipe produk rumah minimalis ditawarkan dengan penggolongan tipe nominal. Yang dalam hal ini merepresentasikan luas bangunan rumah yang ditawarkan. Dalam hal ini ada beberapa tipe, seperti Tipe 21,36, 45, 54, dan 60.

Tipe 21. Merupakan tipe produk rumah minimalis dengan luas bangunan sederhana, yakni kurang lebih 21 meter persegi. Komposisi produk perumahan ini umumnya beragam, salah satunya dengan ukuran 6 x 4,3 meter untuk luas dan Panjang bangunan.

Produk tipe 21 biasanya masuk dalam kategori middle low, atau produk yang ditawarkan dengan harga paling murah dibanding tipe lain. Sangat ideal untuk pasangan baru atau keluarga kecil dengan anggota keluarga 3 orang.

Tipe 36. Merupakan pengembangan dari tipe terkecil, namun dengan bangunan agak luas, yakni 36 meter persegi. Produk bangunan rumah ini biasanya memiliki dua kamar, dengan ruang tamu yang agak lebih luas dibanding tipe 21.

Segmentasi produk properti ini masih dalam kategori Middle Low, atau ideal untuk keluarga kecil dengan jumlah keluarga tak lebih dari 3 orang. Selain ruang tamu, dapur merupakan fasilitas yang juga kerap ada pada produk perumahan jenis ini.

Tipe 45. Jika dua tipe rumah di atas masih terlalu kecil bagi keluarga Anda, ada baiknya rumah minimalis tipe 45 adalah solusi yang tepat. Sesuai namanya, produk ini memiliki luas kurang lebih 45 meter persegi dengan komposisi panjang dan lebar disesuaikan.

Tipe ini biasanya memiliki dua kamar tidur, hanya saja satu kamar memiliki ukuran lebih besar atau biasa dikenal dengan istilah kamar utama. Beberapa produk ditawarkan dengan satu kamar mandi, sementara tak jarang, kelebihan space membuat fasilitas ini juga tersedia untuk lebih dari satu.

Tipe 54. Seperti beberapa tipe diatas, produk ini memiliki luas bangunan kurang lebih 54 meter persegi dengan ukuran panjang dan lebar bervariasi. Produk ini biasanya ditawarkan dengan ekstra kamar, atau secara keseluruhan tersedia 3 kamar tidur.

Untuk mengoptimalkan fasilitas kamar, beberapa produk juga dibangun dengan konsep bertingkat. Dengan komposisi satu kamar utama yang terletak di bawah atau atas bangunan rumah, dan dua tipe kamar sederhana. ideal untuk keluarga dengan 4 orang anggota.

Tipe 60. Merupakan produk bangunan rumah minimalis dengan luas lebih besar dibanding tipe-tipe diatas. Umumnya tipe ini ditawarkan dengan 2 lantai dengan pembagian kamar utama dan biasa berjumlah 3 atau bisa sampai 4.

Produk ini ditawarkan dengan luas tanah mencapai 120 hingga 150, sehingga masuk dalam kategori middle up. Sangat ideal untuk keluarga dengan lebih dari 4 orang anggota, karena ketersediaan lahan bisa dipergunakan sebagai bangunan kamar tambahan.

 

Rumah Minimalis Tipe Modular

Merupakan tipe rumah minimalis yang dibangun dengan konsep sederhana, namun dapat ditempati dalam kurun waktu lebih dari puluhan tahun. Tipe ini biasanya memiliki ciri bentuk bangunan persegi dengan desain atap bervariasi sesuai dengan selera.

Produk rumah sederhana ini biasanya ditawarkan dengan harga terjangkau, hanya saja beberapa produk yang lain memiliki bandrol harga lebih mahal. Ini dikarenakan fasilitas dan penggunaan bahan furniture yang menjadi daya tarik tersendiri.

Konsep tipe bangunan rumah modular mengusung kesederhanaan. Sangat ideal bagi orang-orang single atau pasangan yang suka dengan kesederhanaan. Karena memiliki bentuk sederhana, tipe rumah ini dapat berdiri dengan waktu sangat singkat.

Kelebihan lain dari tipe ini adalah konsep moody yang membuat interior rumah bisa disesuaikan dengan keinginan secara instan. Perubahan biasanya menggunakan elemen furniture dengan permainan warna dan dekorasi lain.

 

Tipe Rumah Minimalis Kontainer

Rumah minimalis tipe modular, bangunan rumah tipe ini memiliki bentuk persegi. Dan sesuai dengan namanya, tak ada tembok beton yang digunakan untuk membangun konsep rumah ini, karena yang digunakan adalah kontainer yang biasa digunakan untuk proses pengiriman barang.

Konsep ini sudah bukan hal baru lagi, mengingat tampak luar, bangunan dengan menggunakan kontainer memiliki nilai estetika lebih dibanding tipe rumah konvensional. Tak heran cara ini sering juga digunakan untuk membangun bisnis, seperti cafe, penyedia jasa, makanan dan sebagainya.

Kelebihan cara ini adalah kemudahan dalam proses pembangunan, yakni dengan re-modeling kontainer bekas atau lama dengan penambahan ornamen kusen jendela. Permainan cat juga kerap dilakukan agar tampilan secara keseluruhan lebih berestetika.

Dalam hal untuk ditinggali, konsep rumah minimalis ini juga kerap digunakan sebagai tema tempat tinggal. Tak hanya satu, beberapa kontainer juga kerap dibutuhkan dan dipadupadankan satu dengan yang lain, dengan cara di jajar atau ditumpuk, sehingga memenuhi kebutuhan space yang diperlukan.

 

Tipe Trailer Temporer 

Sedikit melenceng dengan konsep bangunan rumah, tipe ini sangat umum dan banyak di jumpai di Amerika. Meski demikian di Indonesia, tipe ini jarang sekali dijumpai, karena tidak sesuai dengan budaya dan konsep tinggal masyarakat.

Tipe hunian ini sangat ideal bagi orang yang memiliki hobi berpetualang, dengan tanpa kecemasan harus tinggal di mana pada saat di tengah perjalanan. Tipe hunian ini bersifat temporer, karena bisa bergerak dan dipindah dengan bantuan truk atau kendaraan trailer.

Tipe hunian ini dikemas sederhana, dan berada di atas roda. Meski demikian, konsep penataan yang tepat membuat beberapa fasilitas utama di rumah juga tersedia, seperti kamar tidur, kamar mandi bahkan dapur dan meja bar.

Produk rumah minimalis tipe ini biasanya dibuat tidak dengan developer atau pengembang perumahan. Tapi dengan perusahaan karoseri yang kerap mendesain ulang sebuah kendaraan seperti truk dan trailer. Untuk bagian dalam, dibutuhkan konsep interior seperti layaknya rumah konvensional.

 

Konsep Rumah Minimalis Conch House

Tipe bangunan sederhana ini sangat populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Konsep dasar tipe bangunan ini adalah bangunan yang dibuat dari material bahan dasar kayu, dan terletak diatas tanah.

Tipe rumah minimalis ini banyak diadopsi pada jenis rumah di Amerika, sementara di Indonesia jenis rumah ini paling banyak digunakan pada jenis rumah tradisional. Selain dibangun sederhana satu lantai, konsep ini juga kerap diwujudkan dengan dua lantai atau lebih, mirip rumah pertanian di Amerika.

Asri dan natural adalah tema yang sering muncul dari rumah dengan tipe Conch House. Selaras dengan gaya tersebut, penggunaan furniture juga kerap disesuaikan, dengan gaya retro minimalis, atau modern vintage, atau sesuai dengan kebutuhan.

Karena berkonsep alam dan sederhana, beberapa ventilasi dibuat dengan ukuran sangat lebar, sehingga sirkulasi udara bisa keluar masuk secara leluasa. Selain itu, tipe rumah ini sangat ideal dengan konsep taman di halaman sekitar.

 


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari 1 dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.