< kembali

Mengoptimalkan Konsep Rumah Sederhana

anggaza widya ridhamulia mengoptimalkan konsep rumah sederhana

Esensi dalam memiliki rumah adalah aman dan nyaman ditinggali, dan hal ini bisa Anda dapat meski dari konsep bangunan Rumah Sederhana.

Meski bukan keinginan, memilih properti dengan budget terbatas kadang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hunian tinggal. Jangan kecewa, karena dengan hal ini, Anda masih bisa mendapat kebutuhan nyaman, aman dan bisa jadi sesuai keinginan dengan beberapa strategi.

Berikut beberapa cara dalam memaksimalkan proses pembelian produk properti yang sangat tergantung oleh budget terbatas :

Maksimalkan dengan desain 

Memiliki bentuk rumah sederhana, tak selalu membosankan untuk dihuni, terutama dalam jangka waktu lama. Karena sudut pandang ini bisa Anda atasi dengan penerapan membangun konsep yang diinginkan, terutama bagian interior.

Selain memberi rasa nyaman saat digunakan, interior juga kerap berkaitan manfaat, terutama dalam hal estetika. Secara fisik, fungsi tersebut dapat menyegarkan mata, sehingga lebih nyaman saat ditempati dalam waktu lama.

Maksimalkan Fungsi 

Meski banyak fungsi yang kerap dihadirkan dalam konsep rumah, namun diantaranya ada beberapa fitur yang wajib ada. Diantaranya kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan ruang tamu yang setiap hari, sangat dibutuhkan.

Dibanding membangun meja bar, kolam renang dan sebagainya, fungsi wajib rumah akan lebih sangat berguna. Meski demikian, dengan kreativitas, fungsi tersebut bisa dihadirkan dengan memaksimalkan fitur wajib, misalnya meja bar lipat yang bisa dihadirkan di dapur dan sebagainya.

Memaksimalkan Fungsi Kamar

Dalam kebutuhannya, ada beberapa kamar yang wajib terpenuhi, seperti kamar mandi, ruang tidur, ruang keluarga dan sebagainya. Untuk memaksimalkan fungsi, Anda bisa menggunakan satu kamar untuk beberapa kebutuhan.

Misalnya di dapur, dengan penataan yang tepat, Anda bisa menambahkan meja makan untuk menjadi ruang makan. Selain itu, pada ruang tamu juga bisa Anda maksimalkan dengan keberadaan ruang kerja, atau ruang bermain anak, jika dibutuhkan.

Pilih Lokasi Strategis

Banyak hal bisa digunakan dalam standar pemilihan lokasi yang strategis, salah satunya komplek atau lokasi rumah yang berdekatan dengan fasilitas umum. Sehingga dalam beraktivitas, mobilitas yang dilakukan tidak terlalu jauh.

Disamping itu, akses yang mudah saat keluar masuk rumah juga menjadi standar dalam pemilihan hunian dengan lokasi yang strategis. Mekanisme ini bisa Anda lakukan dalam rangka mengoptimalkan proses pembelian rumah sederhana yang nyaman dan aman, tentu saja.

Pilih Produk dengan Harga Terbaik

Tak hanya kepuasan tersendiri, mendapat produk properti dengan harga terbaik merupakan salah satu tips mendapat rumah yang tepat, sesuai dengan budget. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli ada baiknya Anda survei harga.

Selain mengetahui harga pasar, mengenal beberapa developer perumahan juga bisa dilakukan untuk kebutuhan ini. Referensi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari secara online produk properti sesuai kebutuhan.

Perawatan berkala

Kelebihan rumah sederhana adalah keterbatasan jumlah kamar dan desain yang simple. Hal ini membuat proses perawatan dalam hal bersih-bersih bisa dilakukan dalam waktu singkat secara efektif dan efisien.

Menjaga kebersihan rumah akan memberi keuntungan, terutama rasa nyaman. Hal yang mungkin tak bisa Anda dapat dari rumah yang berantakan dan kotor. Selain itu, cara ini membuat rumah awet, bebas kerusakkan dalam jangka waktu lama.

Fasilitas Komplit

Sebenarnya untuk mendapat fasilitas komplit akan sulit didapat pada produk properti sederhana. Meski demikian, tak sedikit developer menawarkan kebutuhan ini dengan konsep bangunan rumah sederhana, atau setidaknya memiliki akses ke fasilitas umum, seperti bank, supermarket dan sebagainya.

Kelebihan ini biasanya akan memberi Anda kelebihan terutama dalam memenuhi kebutuhan setiap hari. Oleh sebab itu, hal ini berkaitan dengan pemilihan lokasi perumahan yang ideal, sesuai dengan point ke 3.

Tak selalu terkendala dengan keterbatasan, memaksimalkan konsep rumah sederhana akan memberi kelebihan fungsi hunian lebih maksimal. Dan hal tersebut akan memberi Anda banyak kelebihan salah satunya mendukung aktivitas investasi.

 

Kelebihan Membangun Rumah Sederhana

Memilih produk properti bisa menjadi salah satu bagian aktivitas investasi jangka pendek atau panjang. Salah satunya saat Anda memutuskan membeli tipe rumah sederhana, berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan :

Biaya pembangunan dan perawatan ekonomis. Karena menerapkan kesederhanaan konsep, proses pembangunan jenis rumah ini biasanya membutuhkan biaya lebih ekonomis. Karena desain yang simple dan penggunaan material bangunan sederhana.

Selain itu, bentuk yang sederhana juga memberi kelebihan, yakni proses perawatan yang sederhana dengan biaya lebih sedikit. Dengan usia penggunaan relatif lama, konsep ini ideal bagi Anda yang ingin berhemat untuk tujuan tertentu.

Fungsi rumah pada dasarnya. Melindungi dari cuaca panas, dingin, serta melindungi privasi dan rasa aman, adalah fungsi dasar rumah.  Dan hal tersebut bisa Anda dapatkan secara efektif dan efisien dengan bangunan rumah sederhana.

Tanpa mengesampingkan rasa nyaman, perpaduan interior dengan penggunaan furniture dan ornamen lain dapat disesuaikan. Cara ini selain membuat Anda betah, juga akan membuat tampilan rumah lebih berestetika.

Konsep fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti sebuah gambar, konsep sederhana dengan warna netral akan lebih mudah diubah sewaktu-waktu sesuai keinginan. Hal tersebut yang juga bisa diterapkan dalam konsep bangunan rumah.

Tanpa banyak ornamen dan bangunan sederhana, maka konsep yang diinginkan dapat diubah sewaktu-waktu secara fleksibel. Cara ini lebih mudah dibanding Anda menerapkan konsep tertentu saat membangun sebuah rumah. 

Harga Rumah lebih Murah. Karena dibangun dengan konsep sederhana, maka jenis produk properti dengan tema sederhana biasanya ditawarkan dengan harga lebih murah. Tentu saja terlepas faktor lokasi yang juga kerap berpengaruh pada harga jual.

Tipe produk rumah ini sangat ideal bagi pasangan yang baru menikah, atau keluarga dengan budget untuk membeli rumah terbatas. Dengan harapan kebutuhan hunian terpenuhi, terlebih dibanding harus menyewa.

Mendukung Investasi. Seperti dijelaskan beberapa point terkait faktor biaya, membeli produk rumah sederhana sangat mendukung aktivitas investasi. Dimana produk yang dibeli dengan harga lebih ekonomis, perawatan mudah dan konsep fleksibel yang ditawarkan.

Dibanding dengan konsep yang lebih rumit, konsep hunian ini akan membuat Anda mudah menyimpan kelebihan uang untuk biaya operasional. Sehingga kelebihan tersebut bisa Anda gunakan untuk aktivitas investasi seperti bisnis dan sebagainya.

 


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari 1 dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.