< kembali

Mewujudkan Konsep Desain Bangunan Modern

AWRM - Mewujudkan Konsep Desain Bangunan Modern

 

Dalam perkembangannya, fungsi bangunan modern kian berkembang, tidak hanya sekedar tempat berlindung dari lingkungan dan pengaruh cuaca setiap hari. Tapi juga memberi fungsi kenyamanan, keamanan dan sekaligus kebutuhan estetika.

Tak sulit mencari referensi bentuk bangunan modern seperti yang kita butuhkan, terlebih dengan bantuan perusahaan kontraktor professional, Anda dapat mewujudkan bangunan ideal seperti yang Anda impikan. 

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa hal yang utama sering dibutuhkan dalam sebuah konsep bangunan atau rumah modern, berikut beberapa diantaranya : 

 

Eksploitasi Lingkungan Sekitar

Tak hanya di perkotaan, konsep bangunan modern bisa diterapkan di berbagai lingkungan. Mulai dari padang rumput yang hijau, hutan, pantai hingga padang pasir. Penggunaan pola desain yang tepat akan membuat sebuah bangunan terlihat menyatu dengan alam.

Kelebihan ini seakan mempertegas kecantikan bangunan sangat bisa dinikmati dari luar. Terutama konsepnya yang benar-benar berpadu dengan lingkungan sekitar. Sehingga rumah akan tampak cantik, baik dalam hal interior dan eksterior.

Cara mudah penggunaan konsep ini adalah pembangunan kolam renang pada area rerumputan. Atau saat berada di kawasan pepohonan rindang, Anda bisa membangun air terjun mini buatan yang mengalirkan air, seperti konsep “Fallingwater House”.

Beberapa rumah juga kerap dilengkapi dengan area bersantai, terutama pada daerah dengan lingkungan sekitar yang cantik. Cara mudah mendapatkan fasilitas rileksasi di tengah aktivitas masyarakat modern dengan tingkat mobilitas tinggi.

 

Pemilihan Bahan Bangunan pada Bangunan Modern

Meski banyak produk bahan bangunan modern yang diperkenalkan, penggunaan material tradisional seperti kayu, batu dan sebagainya juga kerap dibutuhkan pada konsep bangunan modern. Batu bata merah misalnya, material ini akan memberi kesan industrial modern jika digunakan pada desain yang tepat.

Selain itu, penggunaan ornamen kayu juga kerap dijumpai pada banyak bangunan atau rumah tinggal modern. Berpadu dengan desain yang khas, dengan garis dan bentuk persegi, ornament material ini akan membuat bangunan memiliki bentuk khas, tegas, dengan nuansa alam.

Bebatuan yang juga kerap dimanfaatkan untuk bagian eksterior juga memberi kesan natural, tanpa harus menghilangkan gaya modern. Penggunaan beberapa material ini kerap dipadu-padankan satu dengan yang lain untuk mendapat kesan tertentu.

Selain bahan natural, produk olahan material bahan bangunan juga sering digunakan untuk mendirikan sebuah bangunan modern. Seperti kaca, besi ringan, dan sebagainya tetap dibutuhkan untuk mendapat struktur bangunan ideal yang tepat.

 

Penggunaan Material Kaca pada Gedung Modern

Seperti layaknya gedung pencakar langit kebanyakkan, material kaca kerap digunakan sebagai ornament material bahan bangunan. Terutama untuk fasilitas jendela, pintu dan sebagainya yang memberi kesan modern.

Pada banyak bangunan modern, kaca berbagai ukuran kerap digunakan. Alasannya, dengan kaca cahaya matahari bisa dengan leluasa masuk ke bagian interior. Cara ini mempermudah aktivitas dalam ruangan, sekaligus memberi manfaat bangunan lebih ramah lingkungan, karena tidak menggunakan banyak daya listrik untuk penerangan.

Selain itu, penggunaan material kaca dalam ukuran besar akan memberi manfaat dalam hal estetika. Rumah atau bangunan akan terlihat cantik dari depan dengan bagian interior yang tertata dengan konsep yang jelas.

Selain itu, cara ini juga dapat membantu seseorang menikmati lingkungan sekitar tanpa harus keluar rumah. Cara mudah mengatasi jenuh, saat bekerja terlalu lama di dalam sebuah bangunan, salah satunya melihat dan menikmati pemandangan sekitar barang sejenak.

Kesan terbuka dan lebih luas juga akan sangat mudah terasa oleh rumah dengan penggunaan ornamen kaca. Hal ini membuat material Kaca banyak digunakan pada konsep bangunan modern di berbagai tempat di seluruh dunia.

 

Desain Simple

Kesederhanaan adalah hal paling diidamkan oleh banyak masyarakat modern seperti sekarang. Oleh karena itu, jangan heran banyak pengembang perumahan sering menawarkan konsep hunian minimalis modern pada setiap produk properti mereka.

Dalam konsep bangunan modern, gaya simple juga kerap melekat. Cara ini biasanya akan dikembangkan dengan perpaduan bagian interior dan eksterior yang tertata dan berkesinambungan satu dengan yang lain.

Konsep simple pada bangunan modern umumnya diaplikasikan mudal dari desain bangunan dengan bentuk tertentu, tanpa banyak ornament. Desain ini biasanya diwujudkan dengan bentuk persegi atau geometris khas, dengan ukuran jendela besar.

Kesederhanaan dari luar, biasanya juga diimbangi dengan penataan bagian interior. Prinsip banyak barang dengan satu fungsi sering digunakan untuk meminimalisir penggunaan banyak furniture. Jumlah barang yang tepat akan membuat mobilitas di dalam rumah lebih nyaman dan leluasa.

 

Garis-garis yang Tegas

Tak hanya sederhana, penggunaan motif garis-garis yang tegas juga kerap muncul pada banyak desain rumah atau gedung modern. Cara ini biasa diwujudkan dengan konsep yang jelas, meski tak jarang juga kerap terlihat samar.

Misalnya penggunaan motif garis horizontal akan memberi kesan rumah lebih lebar dari aslinya. Atau garis vertikal akan memberi kesan rumah lebih megah. Cara ini biasa diwujudkan pada bagian eksterior tembok atau list pada jendela atau kusen.

Untuk mewujudkan konsep ini pada bangunan, biasanya digunakan banyak cara dengan melibatkan material khusus. Selain membentuk langsung pada bagian tembok, penataan dengan material kayu akan memberi nuansa artistik, terlebih dilengkapi dengan siluet pencahayaan lampu pada sudut yang tepat.

Selain itu, perwujudan garis pada bangunan juga kerap dimunculkan dengan penggunaan warna-warna yang tepat. Misalnya warna cerah di sekitar tembok, atau list sederhana pada bagian yang memiliki lipatan, car aini akan membuat rumah lebih sedap dipandang, dan terkesan “out of the box”.

 

Desain yang tak Biasa

Banyak rumah atau bangunan modern berdiri dengan desain yang kerap menabrak pakem gaya arsitektur konvensional. Bentuk yang tidak simetris, garis yang saling tumpang tindih, dan bentuk kurang proporsional kerap muncul mendobrak gaya biasa membangun rumah.

Seperti sebuah karya seni, membangun sebuah bangunan kerap dilandasi desain yang unik. Jangan heran banyak bangunan “Masterpiece” di berbagai belahan dunia sangat melekat di kepala karena desainnya yang tak biasa.

Ukuran yang tidak wajar, dan bentuk yang tak biasa adalah beberapa hal yang membuat banyak orang takjub oleh sebuah bangunan. Tak hanya proyek bangunan besar, tak sedikit pula rumah atau bangunan komersil modern yang berdiri dengan gaya tersebut.

Ketegasan dalam konsep pembangunan sering juga tak bisa lepas dari unsur kesederhanaan. Oleh karena itu, selain tinggi, tak jarang sebuah bangunan modern memiliki luas tak biasa, dengan memanfaatkan luas tanah di bawahnya.

Tak hanya sedap dipandang, dan membuat orang tak mudah lupa dengan sebuah bangunan, memiliki bangunan modern yang unik akan memberi kesan puas bagi pemilik rumah. Cara ini biasa diwujudkan dengan ide cemerlang, atau kerja perusahaan kontraktor professional yang sudah memiliki banyak jam terbang.


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari 1 dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.