< kembali

Memilih Kontraktor Rumah – Tips ala PT Anggaza Widya Ridhamulia

tips memilih kontraktor rumah

Kontraktor rumah adalah partner tepat Anda mencari solusi membangun hunian atau bangunan impian sesuai harapan. 

Membangun rumah impian bisa dikerjakan sendiri sesuai harapan. Namun pengalaman kadang membuat hal tersebut tak semulus yang diperkirakan, beberapa kesalahan perhitungan akan membuat hasil tidak terlihat baik, dan membuat biaya dan waktu yang Anda keluarkan lebih banyak dari yang diperkirakan.

Oleh karena itu, bantuan profesional dalam hal ini sangat dibutuhkan, seperti jasa kontraktor rumah. Pengalaman dan tim terbaik akan membantu Anda mendapat rumah impian dengan perhitungan biaya dan waktu yang dibutuhkan sesuai dengan perhitungan.

Sayangnya, menjatuhkan pilihan pada vendor kontraktor rumah yang tepat, sesuai kebutuhan dan keinginan tak semudah memilih produk jadi yang bisa kita dapat di supermarket. Dibutuhkan tips dan trik agar perjanjian yang kita buat sesuai dengan harapan.

Jangan soal Murah. Harga murah bisa jadi nilai plus, sayangnya hal ini sering menjadi senjata beberapa oknum kontraktor menarik perhatian untuk tujuan yang kurang baik. Meski kita mendapat produk seperti yang kita butuhkan, jangan sampai ujung-ujungnya harga murah minta wah.

Kontraktor rumah professional akan membicarakan secara teknis bahkan mendetail perihal material yang akan ditawarkan, dipenuhi termasuk pengerjaan dan sebagainya. Sehingga hasil akhir yang didapat pasti memuaskan.

Harga murah kadang juga membuat Anda lupa hal penting, mengenal kontraktor lebih jauh. Sehingga akhirnya kita bekerjasama dengan perusahaan atau jasa kontraktor dengan latar belakang tidak jelas.

Pahami kontrak jangan terburu membubuhkan tanda tangan. Tak hanya menyodorkan surat Kerjasama, kontraktor professional akan menjelaskan Anda sejelas-jelasnya hak yang Anda dapatkan, hingga Anda paham semua.

Dalam pelaksanaanya, hal tersebut akan dilaksanakan sebaik-baiknya, terutama dalam hal desain, penggunaan material dan tenggat waktu yang dijanjikan. Meski kadang dalam hal pengerjaan masalah force majeure kerap tidak dapat dihindari dan membuat jadwal molor.

Nah untuk menghindari hal yang tak diinginkan sebaiknya Anda memilih rekanan yang tepat dan memperhatikan beberapa hal. Berikut akan kami jabarkan apa saja yang bisa Anda lakukan dalam menentukan jasa kontraktor rumah yang tepat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Membedakan Kontraktor Rumah Profesional dan Tidak

Bukan rahasia, selain dikerjakan oleh jasa kontraktor rumah profesional, pola bisnis yang sama juga sering dilakukan oleh mereka yang hanya mengambil keuntungan semata. Meski sama-sama mengerjakan semua aktivitas seperti desain,  dan pemenuhan material yang dibutuhkan dan proses pembangunan. 

Tanpa profesionalitas, oknum tersebut sering menyodorkan nilai kontrak lebih ekonomis, bahkan jauh dari harga kesepakatan yang diajukan oleh kebanyakan kontraktor rumah pada umumnya. Hal ini membuat jasa mereka tak pernah sepi peminat. 

Pada dasarnya terlepas dari hasil akhir,  perbedaan jasa kontraktor professional dan tidak terletak pada perizinan dan legalitas. Kontraktor biasanya memiliki dokumen legalitas perusahaan, termasuk nama yang telah terdaftar. 

Sementara hampir semua kontraktor kurang profesional tidak dilatarbelakangi badan usaha yang jelas. Sehingga dalam menjalin kerjasama orang lebih mengedepankan faktor kepercayaan. Tanpa melanggar perjanjian nama nama akan semakin besar dari cerita mulut ke mulut. 

Legalitas kurang lengkap dan sebagainya itulah yang membuat jasa kontraktor kurang professional berani menawarkan harga lebih murah. Di samping pemanfaatan jaringan mencari material dan produk jasa yang membuat pada akhirnya harga produksi dapat ditekan. 

Sementara kontraktor rumah profesional biasanya memiliki sistem manajerial yang baik. Selain dilatar belakangi sebuah perusahaan terdaftar dan diakui, proses perencanaan yang baik akan membuat hasil kerja lebih profesional dan dapat dipertanggung jawabkan. 

Terutama dalam hal legalitas, karena terikat peraturan sistem kelembagaan, kontraktor profesional akan berpikir berulang kali untuk melanggar kontrak. Sehingga hasil yang didapat klien akan lebih dapat dipertanggungjawabkan. 

Sementara itu, model kerjasama dengan kontraktor kurang professional biasanya menitikberatkan pada sistem kepercayaan. Tanpa pertanggung jawaban dihadapan hukum, setiap pelanggaran yang disengaja atau tidak akan sulit diproses (dipertanggungjawabkan) di mata hukum yang berlaku. 

Kontraktor rumah profesional biasanya akan menggunakan pengalaman mereka, sekaligus insting mencari sumber material dan jasa dengan harga terbaik. Sehingga selain jaminan material sesuai dengan apa yang ditawarkan, hasilnya pun bisa dipertanggung jawabkan dalam hal kualitas. 

Pengalaman tersebut akan membuat selisih penawaran harga tak jauh berbeda. Dengan harga yang sama atau pelayanan berkualitas yang dapat dipertanggung jawabkan, rasanya tidak berlebih jasa kontraktor rumah jauh lebih baik. 

 

Memilih Jasa Kontraktor Terbaik

Tak sulit mencari rekanan jasa kontraktor rumah, terutama di era digital seperti sekarang. Buka gadget, tinggal cari mana yang sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja, apakah semua yang tertera tersebut cocok bagi kebutuhan kita ?

Untuk menjawab hal tersebut, Anda bisa menerapkan standar untuk memilah sejauh mana produk yang ditawarkan akan memberi benefit. Untuk itu, Anda bisa memperhatikan dan melakukan beberapa langkah sebagai berikut : 

Jadilah konsumen aktif. Seperti halnya membeli sesuatu, menjadi konsumen aktif tidak harus cerewet, tapi mengerti apa yang kita butuhkan, dan mendapat informasi dari penyedia produk sebanyak mungkin. 

Termasuk mengutarakan kebutuhan kita ke kontraktor rumah. Ide dan gagasan dari keinginan kita akan membantu mereka merealisasikan keinginan, sehingga didapat hasil yang memuaskan. Meski kadang pengalaman mereka juga dapat memberi solusi di setiap ide yang berisiko mengalami kendala.

Komunikasi dua arah yang baik akan menghindarkan kesalahan pemahaman. Sehingga hal yang tak diinginkan bisa diantisipasi, dampaknya Anda akan menghemat lebih banyak biaya, waktu dan konsentrasi.

Kenali mitra jasa kontraktor rumah Anda. Banyak jasa kontraktor rumah menulis lengkap apa yang mereka tawarkan melalui cara konvensional (seperti iklan dan media flyer) dan media sosial (Seperti website, social media dan sebagainya).

Kemudahan ini memberi Anda kemudahan luas dalam hal mengenal calon partner Anda mewujudkan rumah impian. Hal ini merupakan langkah awal dari setiap langkah yang akan kita bahas dalam sesi ini.

Kenali setiap penawaran produk yang diajukan. Seperti telah dijelaskan pada kedua fase di atas, mengenali produk akan menjawab setiap keinginan kita. Dimana produk utama kontraktor rumah seperti desain, pengerjaan (finishing) dan penyediaan barang / jasa, telah seperti yang Anda harapkan.

Terlebih jika kontraktor yang akan kita pilih memiliki kelebihan di samping tiga tugas utama di atas. Yakni konsultasi terbaik untuk mendapat solusi tepat, efektif dan memberi hasil jauh lebih baik dari yang Anda harapkan.

Perusahaan terdaftar. Memilih kontraktor rumah dengan alamat jelas akan memberi nilai lebih, terutama dalam hal profesionalitas. Persyaratan ini akan memberi pernyataan tidak tertulis bahwa penyedia jasa akan melakukan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan draft perjanjian.

Beberapa hal diatas dapat Anda gunakan sebagai persyaratan sebelum menjatuhkan pilihan dalam hal memilih jasa kontraktor rumah. Beberapa nilai plus kadang bisa Anda dapatkan dari aktivitas konsultasi, meski kadang tak semua kebutuhan Anda dapat terakomodasi secara keseluruhan di satu tempat.

Bekerja sama dengan kontraktor rumah professional akan memberi banyak manfaat. Selain waktu dan tenaga yang tidak terbuang percuma, rumah atau bangunan impian yang Anda butuhkan akan terwujud secara efektif dan efisien.

 


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari 1 dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.